Fesmed2018, Pontianak – Masyarakat urban atau perkotaan adalah masyarakat yang memiliki konsumsi yang berlebihan. Sifat konsumerisme ini berdampak bagi lingkungan, terlebih lagi ketergantungan terhadap barang-barang yang berasal dari alam dan sulit untuk diurai kembali ke alam. Begitu juga lingkungan masyarakat urban, yang seringkali tidak terlalu memperhatikan lingkungan sekitar. Gaya hidup seperti inilah yang menyebabkan perubahan terhadap lingkungan sekitar.

Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu cara terbaik dalam menerapkan aksi untuk keanekaragaman hayati. Green lifestyle atau gaya hidup hijau menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dalam mengolah, memilih, dan mengonsumsi hasil alam serta menjaga kelestarian alam itu sendiri. Tak hanya itu, penggunaan kembali (reuse) hasil alam di sekitar kita menjadi bagian terpenting juga dalam mengurangi dampak perubahan iklim ini.

Sumber daya alam yang tidak dikelola secara bijak akan memperparah perubahan iklim di bumi ini, yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak kepada keberadaan keanekaragaman hayati di bumi. Terlepas dari semua itu, perlu adanya kampanye penyadartahuan kepada masyarakat perkotaan, khususnya Pontianak dan sekitarnya untuk melakukan dan memulai aksi bagi keanekaragaman hayati yang ada di bumi. Aksi-aksi sekecil apapun yang kita lakukan untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di bumi dapat berdampak besar bagi kelangsungan alam ini.

Oleh karena itu, WWF Indonesia merasa perlu membangun sinergi dengan AJI dalam Festival Media 2018 untuk menyuarakan Green Lifestyle dalam bentuk talkshow.

Tujuan

  1. Mengampanyekan kepada masyarakat luas, pemerintah, dan pelaku usaha mengenai Green Lifestyle, serta kiat-kiat mudah dalam melakukan gaya hidup hijau.
  2. Mendorong kesadartahuan masyarakat tentang bahaya penggunaan plastik serta dampaknya dalam kehidupan.
  3. Mengajak masyarakat luas dan industri kreatif untuk bergerak dan lebih berinovasi untuk mengubah perilaku menjadi lebih ramah lingkungan.

Penyelenggara

Workshop ini diselenggarakan atas kerja sama AJI dengan WWF-Indonesia Program Kalbar

 Narasumber:

  1. Maria Theresia (Technical Support Unit Leader Program Kalbar WWF-Indonesia)
  2. Tinorma Butar-Butar (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak)

Moderator:

Windy Chintia (Earth Hour Pontianak)